Cuti Akademik adalah pembebasan mahasiswa dari kewajiban mengikuti kegiatan akademik selama jangka waktu tertentu. Cuti secara keseluruhan dapat diberikan sebanyak-banyaknya 2 (dua) semester dan sekurang-sekurangnya 1 (satu) semester. Mahasiswa dapat mengajukan cuti akademik maksimal selama 2 semester namun cuti diajukan persemester ke BAAK.
Pengajuan cuti akademik dilakukan sebelum periode pengisian KRS. Jika mahasiswa melakukan pengajuan cuti akademik setelah melakukan pengisian KRS, mahasiswa harus mengajukan/mengurus pembatalan KRS. Langkah-langkah pembatalan KRS dapat dilihat disini
Langkah-langkah mengajukan cuti akademik dengan cara sebagai berikut:
- Buka sistem myportal berikut http://myportal.uib.ac.id
- Klik menu Pengajuan, kemudian klik menu Pengajuan Cuti
- Download contoh surat permohonan cuti kemudian isi surat sesuai data mahasiswa
- Upload surat permohonan cuti yang telah dibuat
- Mahasiswa bisa menuliskan keterangan tambahan pada kolom keterangan, kemudian klik Simpan
- Mahasiswa/i yang berhasil melakukan pengajuan cuti di MyPortal, maka akan muncul tampilan status validasi BAAK, Keuangan, dan Ka. Prodi. Jika di-approve, maka status kamu akan berubah dari aktif menjadi CUTI.
- Panduan lengkap mengenai pengajuan cuti dapat dilihat pada link berikut : https://myportal.uib.ac.id/Panduan/view_panduan
Proses pengajuan cuti akademik mahasiswa dikerjakan selama max 1 hari kerja
Syarat dan Ketentuan cuti:
- Mahasiswa wajib melunasi seluruh tagihan pada semester-semester sebelumnya
- Mahasiswa wajib membayar BPP Pokok sebesar 50% di semester yang akan dicutikan
- Mahasiswa tidak diperkenankan untuk mengisi KRS di semester yang akan dicutikan
- Mahasiswa yang akan mengajukan cuti yaitu minimal pada semester 3
- Mahasiswa semester akhir yang telah mengisi KRS Skripsi/Tesis/Artikel Skripsi/Matakuliah Pengganti Skripsi untuk kelulusan tidak diperkenankan cuti.
Jika mengalami kesulitan dapat menghubungi kami melalui [cx-button]Live chat disini[/cx-button] atau dapat mengirimkan ticket bantuan disini
Chat akan dibalas pada saat jam kerja (09.00 – 17.00) WIB